Kamis, 24 Mei 2012

Pengertian Pendidikan | Definisi Awam Pengertian Pendidikan : “Suatu cara untuk mengembangkan keterampilan, kebiasaan dan sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadi warga Negara yang baik” tujuan nya untuk mengembangkan kognisi,afeksi dan konasi seseorang”.
 
Pengertian Pendidikan Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia : “pendidikan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang di usahakan mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan;proses,cara,pembuatan mendidik”.

Definisi Maha Luas Pengertian Pendidikan
Pendidikan adalah hidup (segala pengalaman belajar yg berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu, suatu proses pertumbuhan dan perkembangan, sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisik, berlangsung sepanjang hayat sejak manusia lahir).

Definisi Sempit Pengertian Pendidikan
Pendidikan adalah sekolah (pengajaran yang di selenggarakan disekolah sebagai lembaga pendidikan formal, segala pengaruh yang di upayakan sekolah terhadap anak dan remaja yang diserahkan kepadanya agar mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap hubungan-hubungan dan tugas-tugas sosial mereka).

Definisi alternatif atau luas terbatas Pengertian Pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintahan. Melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat. Untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup. Secara tepat di masa yang akan datang.

Pengertian Pendidikan Lain
Pendidikan adalah pengalaman-pengalaman belajar terprogram dalam bentuk pendidikan formal, non formal dan informal di sekolah dan luar sekolah. Yang berlangsung seumur hidup yang bertujuan optimalisasi perkembangan kemampuan-kemampuan individu. Agar di kemudian hari dapat memainkan peranan hidup secara tepat.

Pengertian Pendidikan juga
Pendidikan adalah usaha sadar yang teratur dan sistematis yang dilakukan oleh orang tua yang di serahi tanggung jawab untuk mempengaruhi anak agar mempunyai sifat-sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan.

Pengertian Pendidikan Menurut Undang-Undang
1. Pengertian Pendidikan Menurut UU SISDIKNAS No.2 tahun 1989
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,pengajaran,latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

2. Pengertian Pendidikan Menurut UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangakan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian,kedewasaan,akhlak mulia,serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pengertian Pendidikan Menurut Bahasa (etimologi)
Pengertian Pendidikan Menurut Bahasa Yunani : berasal dari kata pedagogi yaitu dari kata “paid” artinya anak dan “agogos” artinya membimbing.Itulah sebabnya istilah pedagogi dapat diartikan sebagai “ilmu dan seni mengajar anak.

Pengertian Pendidikan Menurut Bahasa Romawi : berasal dari kata educare,yaitu mengeluarkan dan menuntun,tindakan merealisasikan potensi anak yang dibawa waktu dilahirkan didunia.

Pengertian Pendidikan Menurut Bahasa Jerman : berasal dari kata Erziehung yaitu membangkitkan kekuatan terpendam atau mengaktifkan kekuatan/potensi anak.

Pengertian Pendidikan Menurut Bahasa Jawa : berasal dari kata panggu lawentah (pengolahan),mengolah,mengubah kejiwaan,mematangkan

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan
Definisi pendidikan adalah “berbagai upaya dan usaha yang dilakukan orang dewasa untuk mendidik nalar peserta didik dan mengatur moral mereka ( Warta Politeknik Negeri Jakarta,April 2007)

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan : Langefeld
Mendidik adalah membimbing anak dalam mencapai kedewasaan.

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan : Heageveld
Mendidik adalah membantu anak dalam mencapai kedewasaan.

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan  : Bojonegoro
Mendidik adalah memberi tuntunan kepada manusia yang belum dewasa
dalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai kedewasaanya.

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan  : Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan : Rosseau
Mendidik adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa anak-
anak, tapi dibutuhkan pada masa dewasa.

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan : Darmaningtyas
Pendidikan adalah usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup
dan kemajuan yang ledih baik.

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan : Paulo Freire
Pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa di mana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, yang melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan : John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok di mana dia hidup.

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan  : H. Horne
Pendidikan adalah proses yang terus-menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

Pengertian Pendidikan
Menurut para ahli pendidikan : Anneahira (dalam websitenya)

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya supaya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosional, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilanyang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pengertian Pendidikan Menurut para ahli pendidikan : Frederick J. Mc Donald dan M.J. Langeveld,
pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabiat (behavior) manusia. Yang dimaksud dengan behavior adalah setiap tanggapan atau perbuatan seseorang, sesuatu yang dilakukan oleh seseorang. Pendidikan merupakan setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.

Pengertian Pendidikan
Menurut para ahli pendidikan : Edgar Dalle
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masayang akan datang.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilanyang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Link : Info Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar