Bila bencana terjadi maka tidak ada siapapun yang bisa menolak dan bisa mengelakkan. Seperti yang terjadi bencana gunung merapi meletus di negara kita tahun 2010 yang lalu yang sempat membuat mbah Marijan wafat diterjang ganas lahar gunung Merapi. Manusia waktu itu tidak bisa mencegah walau seditikpun. Walau sedetikpun. Itulah bencana. Bila datang maka manusia harus menerimanya dan menghadapinya dengan segala kekuatan dan kemampuan.
Demikian juga bencana Gempa 8,9 SR dan Tsunami yang terjadi di Jepang. Jepang yang terkenal dengan tehnologinya yang tinggi – bahkan bisa membuat rumah modern yang anti gempa – tidak mampu menghadapi terjangan dan amukan gempa dan tsunami. Ini Semakin membuktikan bahwa betapa lemahnya manusia bila berhadapan dengan kekuasaan sang Pencipta. Tidak ada kekuatan manusia apapun yang bisa melawan kehendakNya. Sebagai manusia kita boleh berusaha membuat segala alat dan tehnologi secanggih apapun. Tapi jangan lupa manusia diberikan kelemahan. Tehnologi juga memiliki kelemahan dan kekurangan. Maka segala upaya dan usaha hendaknya dikembalikan lagi kepada kekuasaan sang Pancipta jagat raya ini, Allah SWT.

Sebagai bangsa yang memiliki prikebangsaan kita patut ikut berduka cita atas musibah yang terjadi di jepang. Kita berdoa semoga para korban yang masih hidup akan diberikan kesabaran dan kesadaran. Kesabaran atas musibah yang terjadi. Dan kesadaran untuk selalu mengembalikan segala sesuatu pada sang Pemberi Hidup. Sebagai bangsa Indonesia, kita juga harus sadar bahwa bencana serupa pernah terjadi di negeri kita, di Aceh. Bukan tidak mungkin atau bukan mustahil bencana tersebut masih akan terjadi lagi di negara kita. Jadikan semuanya sebagai pelajaran berharga dan peringatan akan diri kita sendiri dan semoga selalu mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Inilah 11 Bencana Tsunami Terbesar di Dunia. Fenomena alam atau bencana Tsunami di Dunia memang sudah sangat sering terjadi, tercatat dalam sejarah bencana Tsunami sudah ada mulai 6000 tahun sebelum masehi. Dan seperti yang kita ketahui bersama, bencana Tsunami terbesar di Dunia yang terakhir terjadi di Jepang pada tahun lalu dampak dari gempa berkekuatan 9.0 SR yang menimbulkan ratusan ribu korban jiwa meninggal dunia.
tsunami
Untuk anda-anda yang belum tahu kejadian atau bencana Tsunami terbesar di Dunia terjadi kapan dan dimana saja, berikut ini kami berikan info 11 bencana Tsunami terbesar di Dunia secara lengkap. Cekidot..

11 Bencana Tsunami Terbesar di Dunia

Bencana Tusnami 1 November 1755
Setelah gempa bumi yang menghancurkan Lisbon, Portugal, dan mengguncang sebagian besar Eropa. Banyak orang yang berlindung di perahu. Namun, tsunami mendadak terjadi. Tidak diragukan lagi bencana ini menewaskan lebih dari 60 ribu orang.
Bencana Tsunami 27 Agustus 1883
Letusan Gunung Krakatau di Selat Sunda, memicu tsunami yang menyapu pantai Sumatra, Jawa bagian utara, dan Kepulauan Seribu. Kekuatan tsunami ini dapat menarik karang seberat 600 ton ke pantai. 36 ribu orang tewas sia-sia dalam bencana ini.
Bencana Tsunami 15 Juni 1896
Gelombang setinggi 30 meter muncul setelah gempa bumi di Jepang. Tsunami ini menyapu sepanjang pesisir pantai timur dan menewaskan 27 ribu orang.
Bencana Tsunami 1 April 1946
Gempa besar di Alaska menyebabkan gelombang besar di Hawaii. Bencana ini sering disebut sebagai “misteri April Mop”. Korban tewas mencapai 159 orang.
Bencana Tsunami 9 Juli 1958
Gempa berkekuatan 8,3 Richter di Alaska menyebabkan gelombang hingga 576 meter di Teluk Lituya, Alaska. Ini adalah tsunami terbesar tercatat di zaman modern.
Untungnya, tsunami terjadi di tempat terpencil, sehingga tidak menimbulkan banyak korban. Tsunami ini hanya menewaskan dua nelayan yang kurang beruntung karena kapalnya tenggelam dipukul ombak.
Bencana Tsunami 22 Mei 1960
Gempa bumi terbesar yang pernah tercatat sebesar 8,6 Richter di Chili. Gempa bumi ini menciptakan tsunami yang melanda Pantai Chili dalam waktu 15 menit. Gelombang tinggi terjadi hingga 25 meter. Tsunami ini menewaskan 1.500 orang di Chili dan Hawaii.
Bencana Tsunami 27 Maret 1964
Alaska, Gempa “Good Friday” berukuran 8,4 Richter, menyebapkan gelombang laut setinggi 67 meter di daerah Inlet Valdez, Alaska. Tsunami berkecepatan 640 kilometer per jam ini menewaskan lebih dari 120 orang. Sepuluh dari mereka berasal dari Crescent City, California.
Bencana Tsunami 23 Agustus 1976
Tsunami di Filipina barat daya menewaskan 8 ribu orang. Gelombang besar juga memicu gempa di sekitar pantai.
Bencana Tsunami 17 Juli 1998
Gempa dengan kekuatan 7,1 Richter menghasilkan tsunami di Papua Nugini. Gelombang besar ini membunuh 2.200 orang.
Bencana Tsunami 26 Desember 2004
Gempa besar dengan kekuatan 9,3 Richter mengguncang Samudera Hindia, lepas pantai barat Aceh. Gempa terbesar selama 40 tahun terakhir ini telah menyebabkan gelombang tinggi di Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan ke Pantai Timur Afrika. Setidaknya 320 ribu orang dari delapan negara meninggal. Bencana ini adalah bencana kematian terbesar sepanjang sejarah.
Bencana Tsunami 28 Maret 2005
Tiga bulan setelah Tsunmami Aceh, tsunami juga terjadi di Sumatera. Terletak di lepas pantai Nias, Gempa berkekuatan 8,7 Richter ini memicu gelombang tsunami besar yang menewaskan 1.300 orang di Pulau Nias, Sumatera Barat.
Dan yang terakhir adalah bencana Tsunami di Jepang pada bulan Maret 2011 yang lalu, terjadi beberapa saat ketika gempa besar mengguncang pantai timur Jepang.
Semoga info 11 fenomena bencana tsunami terbesar di dunia diatas dapat menambah pengetahuan anda semua tentang sejarah dan kejadian apa saja yang pernah menimpa dunia kita. Dan juga untuk mengingatkan kita bahwa ada kekuatan yang ter-besar mengendalikan alam semesta ini. (AK)